Disk Defragment Pada windows 8

Selamat sore kawan, pada kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi pengetahuan tentang "Disk Defragment".Pada windows os kita sering mendapat notifikasi untuk mendefrag hard disk kita, sebenarnya apa itu disk defragment ???

1,Pengertian Disk Defragment
Disk defragmenter adalah program yang berinduk pada sistem operasi dan berguna untuk menyusun kembali file-file yg diperbaharui atau yang telah di install baik secara sengaja mahupun tidak sengaja. Jika anda membuka file apa pun itu maka secara automatik windows akan bekerja atau mengambil ruang secara automatik dalam penempatan space atau bagian partition dalam hardisk.

 2.Fungsi Defragment
Defragmenter berfungsi untuk menjaga kestabilan PC dan keadaan hardisk karena defragmenter mampu men fix kan boot sector dalam hardisk ataupun error program, jadi windows yang kita pakai sekarang ini sangat baik terhadap penggunanya dengan tools-tools yg berguna dalam menjaga hardware.

  • Windows tidak dapat menguruskan kembali file-file secara otomatis (tanpa bantuan defragmenter) file yang telah di delete, di copy maupun dibuka. Maka dengan itu windows menyediakan recent documents (open file history) dan system restore point untuk mengulangi jika dalam proses defragmenting tidak dapat ditata kembali.
  • Disk defragmenter merupakan salah satu tools pembawaan windows, kita dapat menggunakannya untuk mengatur file-file di hardisk anda. Biasanya file-file di hardisk kita tidak beraturan mungkin karena pengaruh sering install program yang jarang digunakan, menutup aplikasi secara tidak normal (hang), mengcopy dan menghapus/memindahkan file, dan berbagai aktivitas managemen file lain.
3.Cara Melakukan Disk Defragment Pada Windows 8/8.1 
Pertama-tama buka Desktop dan File Explorer>klik salah satu drive>klik tab Manage dan klik Optimize.


Kemudian akan muncul window Optimize Drives>klik Analyze untuk memeriksa fragmented yang didapatkan jika drive di Optimize.

 Setelah itu tunggu sampai Analyze selesai.


Lalu klik tombol Optimize untuk drive yang ada fragmentednya.

 Proses ini mungkin akan membuat komputer kita sedikit lemot dan membutuhkan waktu yang lama, tergantung banyaknya file dan besarnya file di drive tersebut. Jika proses sudah selesai maka akan muncul presentase fragmented. Keluarlah dari window Optimize Drives.







2 Responses to "Disk Defragment Pada windows 8"