Perkembangan Android OS

Selamat pagi sahabat semua, berjumpa lagi dengan saya, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit artikel tentang Perkembangan Andoid OS."Android" adakah diantara kita yang tidak mengenal nama ini ?? jawabanya pasti tidak ada yang tidak kenal dengan android ..hehe
Saat ini platform Android merupakan platform paling populer diantara platform lainnya yaitu Blackberry, Windows Phone, atau bahkan iOS.

Meski terbilang pendatang baru tapi Android OS mampu menyodok ke papan atas persaingan sistem operasi mobile.Salah satu alasannya yaitu Android merupakan platform yang open source berbasis linux.Dengan platform yang open source ini para developer bisa mengembangkan kreatifitas mereka untuk berkreasi menciptakan berbagai macam aplikasi.Beragam aplikasi tersebut bisa digunakan secara gratis maupun berbayar pada perangkat Android.

Sejarah Awal Perkembangan Android OS
Pada bulan Juli 2005, Google mencetuskan kerjasama dengan Android Inc. yang saat itu berlokasi di California, Amerika Serikat. Kala itu para pendiri Android.Inc beranggapan bahwa sistem operasi Android hanya diperuntukkan pada telepon seluler. Sehingga munculah isu bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler dengan menggandeng Android sebagai sistem operasinya.

Akhirnya pada periode September 2007, Google memperkenalkan Nexus One, salah satu jenis smartphone GSM dengan sistem operasi berbasis Android. Google juga mengajukan hak paten atas aplikasi pada smartphone ini dan kemudian smartphone ini diproduksi oleh HTC Corporation dan mulai dipasarkan pada Januari 2010. Selain itu, pada September 2008 terbentuklah anggota-anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, yakni Sony Ericsson, Toshiba Corp, SoftBank, Vodafone Group dan beberapa perusahaan lainnya.

Perkembangan Tipe Android dari waktu ke waktu
Sejak pertama kali diluncurkan hingga sekarang, Android senantiasa melakukan perbaruan melalui perbaikan bug dan penambahan fitur-fitur baru. HTC Dream yang dirilis pada Oktober 2008 merupakan smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi berbasis Android. Hingga saat ini tak terhitung lagi berapa banyak smartphone yang mengusung Android sebagai sistem operasi.

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta android jika tipe-tipe Android selalu berurutan abjad dan menggunakan nama-nama makanan.Pemberian nama tipe menggunakan nama makanan menjadikan keunikan tersendiri dari Android OS.
Berikut ini ulasan singkat mengenai perkembangan tipe android dari waktu ke waktu.

1.Android 1.1 (alpha, beta)
Android alpha dan beta merupakan tipe android pertama yang diluncurkan.Cikal bakal dari sistem Android ini diperkenalkan pada tahun 2007 dan baru diaplikasikan pada smartphone di awal maret 2009.

2.Android 1.5 (Cupcake)
Pertama kali dirilis pada 30 April 2009.Nah pada versi ini Android mulai menggunakan nama makanan karena ini merupakan versi ke-3 maka diawalai dengan huruf "C' dan nama yang dipilih adalah "Cupcake".Os ini berbasis pada kernel Linux 2.6.27 dan menambahkan beberapa update serta  UI dari versi sebelumnya.

3.Android 1.6 (Donut)
tipe Android ini dirilis pada 15 September 2009, hanya berselang 4 bulan dari pendahulunya, Android Cupcake.Pada versi ini juga sudah mendukung teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs.

4.Android 2.0/2.1 (Eclair)
Masih ditahun 2009 tepatnya pada tanggal 9 Desember 2009 Android kembali merilis versi terbarunya, "Android Eclair".Terjadi penambahan fitur untuk pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.Android Éclair kemudian berhasil menarik para perusahaan gadget untuk mulai membuat gadget dengan sistem layar sentuh yang sebelumnya dianggap kurang user friendly bagi para pengguna smartphone. Beberapa versi updatenya antara Android v.2.0 kemudian v2.0.2 dan terakhir pada v.2.1.

5.Android 2.2 (Froyo/ Frozen yoghurt)
 Diluncurkan pada 20 Mei 2010, berselang 5 bulan setelah peluncuran Android Eclair.Pada versi ini keinginan para pengguna untuk menambah memori sudah terpenuhi dengan dukungan slot micro sd.Beberapa versi update dari versi ini antara lain v.2.2.1 sampai v2.2.3.

6.Android 2.3 (Ginger Bread)
Android Ginger Bread atau biasa disebut dengan istilah "si roti jahe" ini pertama kali rilis pada 6 Desember 2010.Terjadi banyak peningkatan dari sebelumnya, memiliki tampilan yang atraktif dan disertai dengan penambahan fitur-fitur seperti dual camera dan video call. Tak hanya itu saja, Ginger Bread juga fokus pada peningkatan kualitas dan grafis game berbasis Android.Versi update dari versi ini antara lain v2.3.3 sampai v2.3.7

7.Android 3.0/3.1 (Honey Comp)
Pertama kali diluncurkan pada 22 Februari 2011, versi ini dikhususkan untukperangkat tablet yang mengusung sistem operasi Android.

8.Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
Ice Cream Sandwich ini dirilis pada tahun yang sama dengan Honey comp.Banyak sekali fitur-fitur baru yang disematkan pada Android versi empat ini, diantaranya adalah fitur pendeteksi wajah, fitur yang memaksimalkan kualitas fotografi, kualitas cideo yang lebih baik serta resolusi dan grafis gambar yang sangat memuaskan.beberapa versi update dari versi ics diantanya v.4.0.1 hingga v4.0.4.

9.Android 4.1 (Jelly Bean)
Versi Jelly bean pertama kali diperkenalkan pada 27 juni 2012, berdasarkan kernel linux 3.0.31.Penambahan fitur baru diantaranya peningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, desain UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga.Versi update dari Jelly Bean ini diantanya v4.1.2 bahkan hingga v4.3.1.

10.Android 4.4 (Kitkat)
Kalau menyebut android yang satu ini pasti bayangan kita langsung tertuju pada produk snack wafer dari Nestle, ya memang android ini dinamai Kitkat dengan izin dari Nestle dan Hershey yang merupakan pemilik dari merk dagang "Kitkat". Android kitkat dirilis pada 31 oktober 2013, nama ini menjadi kejutan bagi para pecinta android di dunia, bukan hanya karena dinamai dengan produk yang sangat populer didunia namun juga karena isu yang sempat beredar bahwa versi berikutnya dari jelly bean akan diberi nama "Key Liem Pie".

11.Android 5.0 (Lolipop)
Sampai artikel ini ditulis Android Lollipop merupakan Android versi terbaru.Dirilis pada 15 Oktober 2014, Android Lollipop memiliki perbaikan-perbaikan dan perbedaan yang tak terhitung jumlahnya dari versi Android Kitkat. Mulai dari opsi aksesibilitas yang lebih besar hingga kemudahan set-up untuk meningkatkan kemampuan grafis. Tentunya, dukungan hardware yang memadai juga berpengaruh besar terhadap kualitas yang anda rasakan dari performa sistem operasi Android Lollipop ini.

Demikian perkembangan sistem operasi Android dari waktu ke waktu, kira-kira apa ya versi Android selanjutnya dari awalan "M" adakah yang tau ??
kita nantikan saja sampai mbah google merilisnya ..hehe

0 Response to "Perkembangan Android OS"

Post a Comment