Pilih processor AMD atau Intel ??



Selamat sore sahabat, bagi kita yang memiliki komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Processor.Processor sendiri merupakan otak dari sebuah sistem komputer.Di dunia ini banyak sekali produsen dari processor, tetapi hanya ada 2 yang mengusai pasar dunia terutama Indonesia yakni AMD (Advance Micro Device) dan Intel.Bagi orang awam yang baru mengenal komputer pasti hanya tahu intel saja, beda dengan orang yang sudah lama terjun didunia komputer tentu nama AMD sudah tidak asing lagi.

Dari segi pamor Intel lah yang menang, dalam hal ini AMD juga tidak mau kalah dalam pamornya. AMD terus mengeluarkan prosesor versi terbarunya, hal ini untuk mengejar Intel yang mengeluarkan Core i7. Prosesor AMD yang terbaru adalah AMD Bulldozer, prosesor dari AMD ini merupakan prosesor yang tercepat saat ini dan merupakan saingan dari Intel Core i7 milik Intel. Banyak orang yang belum mengetahui AMD mengatakan bahwa AMD jelek, cepet panas, murah, dll tetapi itu semua keliru. AMD adalah produsen prosesor yang mampu menyaingi Intel saat ini. Dalam pasaran memang kalah tapi dalam hal teknologi AMD tidak kalah dengan Intel.
Untuk masalah kinerja sendiri ke-dua prosesor ini mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tetapi jika di bandingkan antara Intel dan AMD memang sama kuat dalam teknologinya.

Perbedaan, Keunggulan Dan Kekurangan Prosesor Intel Dan AMD
Beberapa perbedaan, keunggulan dan kekurangan prosesor Intel dan AMD :

1. Set instruksi pada Intel adalah MMX, SSE,SSE2, dan SSE3, tapi pada AMD SSE2 dan 3DNow. Tetapi dari sekian banyak istruksi yang dipakai oleh intel sebetulnya telah ada dalam 3DNow-nya AMD yang tidak dimiliki oleh Intel.

2. L1 pada Intel maksimal 32K, sedang pada AMD adalah 128K. Bedasarkan beberapa test AMD dengan L1 128K lebih unggul dibanding dengan Intel.

3. Transistor pada Intel sebanyak 100 milyar sedang AMD 105 milyar.

4. Banyaknya Decoder, Integer, FP pada intel lebih sedikit dibanding AMD yang secara signifikan perbedaan tersebut meningkatan kinerja dari AMD.

5. Temperatur pada Intel dapat diatur oleh processornya sendiri (processor akan mengurangi kecepatan jika processor terlalu panas), pada AMD64 temperatur maksimum adalah 900C. Teknologi Intel lebih unggul dibanding AMD.

6. AMD lebih unggul dalam pengolahan komunikasi aplikasi, seperti transfer data pada modem, ADSL, MP3, dan Dolby Digital Suround Sound.

7. Pipeline pada intel lebih panjang dibanding dengan AMD, tetapi pipeline Intel bermasalah pada pertukaran tugas, sehingga pipeline intel kecepatannya melambat berada dibawah AMD.

8. Intel menang di brand image dan marketnya, sedangkan AMD harganya yang lebih murah.

9. Pada prosesor Intel Pentium 4 harga standard, kinerjanya lumanyan cepat. Memang sih, untuk urusan grafis masshi kalah dibanding dengan AMD, tapi paling tidak prosesor Intel tidak cepat panas.

10. Pada prosesor AMD Athlon harga agak murah dibanding Intel. Grafis bagus banget, kecepatannya lumayan, tapi cepet banget panas dibandingkan Intel.

11. Untuk harga dan daya (listrik) pemakaian memang AMD jauh lebih murah dan jauh hemat listrik itu kelebihannya agar modal gak keluar banyak dan cash-flow untuk bulanan (bayar listrik) sedikit lebih ringan.



Intel:
PLUS(+):
  • Memiliki varian-varian dengan performa paling kencang, bahkan belum ada prosesor AMD yg bisa jd tandingannya pd range hrg >2jt.
  • Banyak yang bilang sangat stabil dipakai keperluan aplikasi berat dan multi tasking
  • Range varian dan harga paling banyak
  • Rasio Clock/performance paling baik
  • Konsumsi daya kecil dengan performa tinggi
MINUS(-):
  • Harganya mahal
  • Banyaknya varian bisa bikin bingung
  • Varian tertinggi (Extreme Edition) mahal banget gan
  • Harga satu platform (prosesor+mobo+RAM) yang tinggi.


AMD:
PLUS(+):
  • Harga murah, dengan performa seimbang
  • Varian lebih ditujukan ke arah ekonomis dengan price/performance ratio tertinggi yang bahkan melebihi price/performance Intel.
  • AMD panas? kata siapa? itu sih AMD dijaman kolonial..hehe. Skrg,di jamannya jokowi sudah banyak yang membuktikan kalau AMD Quad-core bahkan bisa lebih dingin dari pada Intel Dual-core.
  • Varian tertinggi (Black Edition) dibandrol dgn hrg terjangkau, tanpa kehilangan muka d depan prosesor Intel dengan harga yang sama.
  • Harga platform (prosesor+mobo+RAM) lebih murah tanpa mengorbakan performa kseluruhan.
MINUS(-):


  • Konsumsi daya lebih tinggi dari pada prosesor Intel dengan performa sama
  • RasioClock/performance yang lbh rendah ddari pada Intel (contohnya AMD Phenom II X4 955BE 3,2GHz baru bisa ngimbangin Intel Core 2 Quad Q9550 yg 2,8GHz, dan Phenom II 810 3,6GHz bisa diimbangin sm stock Core i5 750 2,6GHz)
sekian artikel tentang perbandingan antara processor AMD dengan Intel, kembali lagi ke diri dan selera kita masing-masing.
jadi buat teman-teman semua lebih pilih AMD atau Intel ??

21 Responses to "Pilih processor AMD atau Intel ??"

  1. nice info gan, ja gak sembarangan ya , harus milih sesuai kebutuhan

    ReplyDelete
  2. ane sih mda :v nice post gan..
    komen back >> http://kang-en.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. kalo saya intel gan, hp pun ikutan pakai intel ,haha

    ReplyDelete
  4. jadi menurut admin yang paling bagus intel atau AMD? kebetulan saya mau beli laptop baru

    ReplyDelete
  5. jadi menurut admin yang paling bagus intel atau AMD? kebetulan saya mau beli laptop baru

    ReplyDelete
  6. ane mah mending nabung dulu di celengan bambu,trus kl udah banyak bikin pabrik processor yg unggul disemua speknya.bahkan beli 1 gratis 1.
    dateng emak ane,,,"woi bangun....kasih makan ayam dulu sono!!!!!"

    ReplyDelete
  7. ane mah mending nabung dulu di celengan bambu,trus kl udah banyak bikin pabrik processor yg unggul disemua speknya.bahkan beli 1 gratis 1.
    dateng emak ane,,,"woi bangun....kasih makan ayam dulu sono!!!!!"

    ReplyDelete
  8. ane mah mending nabung dulu di celengan bambu,trus kl udah banyak bikin pabrik processor yg unggul disemua speknya.bahkan beli 1 gratis 1.
    dateng emak ane,,,"woi bangun....kasih makan ayam dulu sono!!!!!"

    ReplyDelete
  9. agan2 bagiin info dong note book14' yg bagus merk apa n tipe apa ya... mksh ya

    ReplyDelete
  10. Asus x550ze harga 6jtaan cukup untuk game gta 5 sama editing sperti after effect ya gan??

    ReplyDelete
  11. Kalo aku komputer pake AMD Athlon 64 X2 pemakaiannya udah lebih dari 5 tahun..

    ReplyDelete
  12. "AMD Quad-core bahkan bisa lebih dingin dari pada Intel Dual-core." Bisa agan sebutin, tipe AMD apa aja yg kayak gitu? Kebetulan ane mau beli laptop baru nih.

    ReplyDelete
  13. Kalau amd godavari kaveri termasuk mid apa low bos?

    ReplyDelete
  14. AMD fans boy. Tulisannya ga berbobot. Jelas banget memihak. Coba amd quad core yg lebih adem dari dual core intel?

    ReplyDelete
  15. Mohon di jwb kalau gk sekalin di jwb di rhudy.tabutty@gmail.com heheheheh untuk sebelimnya saya mau ngcpin maksh banyk infonya sangt membantu dan menambh ilmu qu kira AMD itu prosesor jaman dulu hahaha dan intel lah yg trbaik tpi trnyta amd dan intel sama" bgus jdi binggung mau nanya utuk editing video yg menggunkn primer dan after effek itu bagusnya pake intel atau AMD kalau intel yg core I berapa ?.. kalau AMD yg tips berapa ?. dan cocoknya di gabungkn dgn motheboard tipe apa ?...

    ReplyDelete